64 TKI ILEGAL  MENJALANI PEMERIKSAAN BARANG BAWAAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN

Betawipost – Jakarta, Menindak lanjuti penangkapan KM Sahabat Baru yang membawa 64 orang TKI ilegal tangkapan lanal tanjung Balai Asahan dari Malaysia oleh Tim F1QR Lanal Tanjung Balai Asahan di Perairan Muara Sungai Asahan, telah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan ulang terhadap badan serta barang bawaan 64 orang (42 laki-laki, 21 perempuan, dan 1 anak laki-laki) TKI Ilegal dengan hasil tidak ditemukan barang-barang terlarang, bertempat di Mako Lanal Tanjung Balai Asahan, Sabtu (22/2/2020).

Selain melaksanakan pemeriksaan barang bawaan, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap 64 TKI Ilegal guna mengantisipasi dan mencegah masuknya Virus Corona oleh Tim Kesehatan Gabungan Lanal Tanjung Balai Asahan, Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai dan Karantina Kesehatan Pelabuhan Teluk Nibung. Dari hasil pemeriksaan belum ditemukan adanya indikasi 64 orang TKI Ilegal tersebut tertular/terjangkit Virus Corona.

Selanjutnya 64 orang TKI Ilegal tersebut telah diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Asahan dengan Surat No.B/159/II/2020 dan Berita Acara Penyerahan No.BA/018/II/2020. Sementara Nakhoda KM Sahabat Baru dilaksanakan proses hukum lebih lanjut dengan sangkaan melanggar UU Pelayaran Nomor 17 Tahun 2008.

Penanganan 64 TKI Ilegal tersebut dilaksanakan secara ketat oleh Lanal Tanjung Balai Asahan, Imigrasi, dan Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai.