ANTISIPASI PENULARAN COVID-19, DISKES KOARMADA I LAKSANAKAN LATIHAN DETEKSI DINI DENGAN TEHNIK PERNAFASAN DALAM

ANTISIPASI PENULARAN C

Betawipost – Jakarta ,Dalam rangka mengantisipasi maraknya penyebaran penularan Covid-19, Diskes (Dinas Kesehatan) Koarmada I melaksanakan latihan deteksi dini dengan tehnik pernafasan dalam dipandu oleh Kaur Urikkes dr. Putu Octavianty, MARS, bertempat di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta pusat, Selasa (17/3/2020).

Salah satu cara untuk mencegah masuknya virus dalam tubuh manusia yaitu dengan melaksanakan latihan deteksi dini dengan tehnik pernafasan dalam secara rutin. Tehnik pernafasan dalam ini dilakukan dengan cara menarik nafas melalui hidung lalu ditahan selama 10 hitungan dan dilepas melalui mulut secara perlahan-lahan sampai perut kempes.

“Selain itu, kita harus menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri, lingkungan tempat kerja dan tempat tinggal, menjaga pola makan yang sehat, olahraga secara rutin, serta membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun aktiseptik dengan air mengalir setelah beraktifitas dan sebelum makan,” ujar dr. Putu.

Langkah antisipasi juga dilakukan dengan mengecek suhu tubuh seluruh personel Koarmada I untuk mengetahui kondisi kesehatan, apabila ada personel yang mengalami keluhan seperti demam, batuk, dan flu agar segera konsultasi dengan falitas kesehatan terdekat untuk segera ditangani dan ditindaklanjuti.