Bakamla RI Tambah Anggota Rapala di Natuna

Betawipost – Natuna, 20 Maret | Sub Direktorat Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut (P2K2L) Bakamla RI menyelenggarakan pengukuhan 20 anggota baru Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) dan kegiatan pembinaan, di Gedung Sisi Basisir, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, beberapa waktu lalu.

Kegiatan pembinaan yang dilakukan berupa pelatihan peningkatan kemampuan anggota Rapala. Mulai dari pemberian materi terkait pengenalan tugas dan fungsi Bakamla RI, materi bela negara, prosedur penyelamatan saat terjadi insiden di laut, prosedur pelaporan kejadian di laut, dan identifikasi potensi tindak pidana di laut. Total 40 orang anggota Rapala Natuna hadir dalam kegiatan ini.

Pada dasarnya pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter, kemampuan, dan kapasitas anggota Rapala, terlebih lagi bagi anggota yang baru saja dikukuhkan. Semua kemampuan tersebut diperlukan untuk melatih seluruh anggota Rapala. Sebelum menolong orang lain, anggota harus memahami bahwa keselamatan diri adalah yang utama.

Natuna merupakan salah satu wilayah pesisir yang cukup mendapatkan perhatian dari Bakamla RI. Tidak hanya potensi kekayaan sumber daya alam yang dimiliki, namun juga potensi kerawanan di laut yang kerap kali terjadi. Dengan demikian, sudah sewajarnya jika masyarakat pesisir Natuna diberikan informasi dan pelatihan lebih lanjut terkait keamanan dan keselamatan laut. Tidak hanya dapat mempermudah aktifitas melaut sehari-hari, namun secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam usaha mempertahankan kedaulatan negara.

Kegiatan yang berlangsung hingga Jumat (19/3) secara resmi dibuka oleh Kasubdit P2K2L Bakamla RI Kolonel Bakamla Jarwadi, S.E.

Kegiatan ini turut menghadirkan narasumber seperti Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut Deny yang memberikan materi terkait Bela Negara. Pengenalan seputar Bakamla RI dibawakan oleh Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Natuna Letkol Bakamla Mukhlis. Untuk materi Pencegahan Peredaran Narkoba disampaikan oleh Kasat Narkoba Polres Natuna Iptu Ahmad Lubis .

Selain itu, materi tentang Pemberian Informasi disampaikan oleh Mayor Bakamla Riandi selaku Kasi Potensi Keamanan Laut. Salah satu materi penting dalam pelatihan ini, agar semua anggota Rapala mampu memberikan laporan yang sesuai dengan metode pemberian informasi melalui aplikasi yang telah terkoordinasi dengan Mabes Bakamla RI.( Humas Bakamla RI /ddRed)