DANLANTAMAL III : “WUJUDKAN KEBERHASILAN DALAM PENCAPAIAN PELAKSANAAN TUGAS”

Betawipost – Jakarta,Dalam rangka menjalankan tugas pokok bagi Pangkalan Angkatan Laut di jajaran Lantamal III, Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., memberikan arahan bagi para Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal), Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal), dan Komandan Kapal Angkatan Laut (Dankal) di Gedung Serbaguna Mako Lantamal III, Jalan Gunung Sahari Raya No. 02 Ancol Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020).

Danlantamal III dalam arahannya menyampaikan bahwa Pangkalan Angkatan Laut merupakan salah satu komponen pendukung di dalam pencapaian keberhasilan tugas-tugas di satuan operasi TNI Angkatan Laut dalam masa damai maupun masa perang. Sedangkan tugasnya adalah menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut (Kapal, Pesawat Udara, dan Marinir), serta melaksanakan patroli di wilayah kerjanya, melaksanakan pemberdayaan potensi maritim dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan maupun sarana-sarana yang terkait lainnya.

“Selain itu, Lanal juga berfungsi sebagai pendukung satuan operasi diantaranya dukungan fasilitas berlabuh (Faslabuh), pemeliharaan/perbaikan, pembekalan, perawatan personel dan pembinaan pangkalan, Keamanan Laut (Kamla), Pembinaan Potensi Nasional Kekuatan Maritim (Binpotnaskuatmar), serta Pembinaan Teritorial Matra Laut (Bintermatla),” ujar Danlantamal III.

“Dalam melaksanakan patroli di laut harus memperhatikan tingkat urgensinya, kondisi cuaca/gelombang, kondisi teknis alut (alat utama), alat komunikasi, personel yang sesuai kebutuhan, memiliki alat keselamatan seperti swimvest/pelampung, dan KAL yang terbuat dari fiber tidak boleh berlayar lebih dari 3 mil dari garis pantai,” tegas Brigjen Hermanto.

Hadir pada kegiatan tersebut, Para Asisten Danlantamal III, Dansatrol, Kafasharkan Jakarta, Para Danlanal, Danposal, serta Dan KAL jajaran Lantamal III.