Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Berikan Pembekalan Siswa Diklatsarmil

Betawipost – Juanda, Sabtu 10 Oktober 2020. Deputi Kebijakan dan Strategi (Jakstra) Bakamla Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E.,M.Tr.(Han) memberikan pembekalan kepada 85 Siswa Pendidikan Dasar Militer (Diklatsarmil) Bakamla RI di Gedung Bawean Pusdiklatsarmil Juanda, Surabaya, Sabtu (10/8/20).

Laksda Bakamla Tatit dalam paparannya menjelaskan tentang tugas, fungsi dan kewenangan Bakamla RI yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 serta visi dan misi dari Bakamla RI.

Ditambahkan pula, Bakamla RI juga mengemban fungsi Coast Guard dalam menjalankan tugas sebagai penjaga keselamatan laut (Maritime Safety), penjaga keamanan laut (Maritime security), dan komponen cadangan (komcad) pertahanan.

“Badan Keamanan Laut RI bukan instansi yang diisi oleh personel biasa melainkan paramaliter yang memiliki kecerdasan, keberanian dan keteguhan,” jelas Laksda Bakamla Tatit.

Lebih lanjut, Laksda Bakamla Tatit menjelaskan 3 point penting yang harus dipahami Siswa Pusdiklatsarmil tentang Strategi Bakamla RI. Pertama, Penguatan operasi keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Kedua, Penguatan Sistem Surveillance dan Early Warning yang terintegrasi dan terpadu. Ketiga, Penguatan Kelembagaan dan tata kelola keamanan maritim yang efektif dan efisien.

“Belajarlah secara tekun dan bersungguh-sungguh menimba ilmu, mematangkan pengetahuan dan pemikiran, sehingga kalian Paramiliter Bakamla menjadi yang handal, kredibel, beretika, serta berjiwa Paramiliter yang dapat dibanggakan,” pesan Laksda Bakamla Tatit mengakhiri pembekalan.

Autentikasi : Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonelt Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.(Humas Bakamla/ddred)