Diklatsarmil Paramiliter Bakamla RI Resmi Dibuka

Betawipost – juanda, Senin 23 Agustus 2020 (Humas Bakamla RI/Indonesia Coast Guard)—
Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., yang diwakili Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla TSNB Hutabarat, M.M.S., secara resmi membuka pendidikan dan latihan dasar militer (Diklatsarmil) bagi personel Bakamla RI VII Paramiliter angkatan ke-2 di lapangan Samudera Mako Pusdiklatsarmil Juanda, Surabaya, Senin (23/8/20).

Pembukaan Diklatsarmil diikuti 85 personel Bakamla RI yang terdiri 72 orang pria dan 13 orang wanita serta ratusan Depotase siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba).

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dalam sambutan yang dibacakan Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla TSNB Hutabarat menyampaikan bahwa pendidikan dan latihan dasar militer yang diselenggarakan Pusdiklatsarmil bagi personel Bakamla RI merupakan modal dasar dalam rangka pengembangan profesionalisme dan pembentukan karakter menjadi sosok Paramiliter, melalui pendidikan dan penggemblengan ini diharapkan profesionalisme dan karakter yang kuat Paramiliter Bakamla yang diinginkan dapat terbentuk.

Ditekankannya kepada para calon siswa Diklatsarmil, gunakan kesempatan mengikuti Diklatsarmil ini untuk belajar secara tekun dan bersungguh-sungguh, menimba ilmu, mematangkan pengetahuan dan pemikiran, serta mendewasakan kepribadian dan etika kalian Paramiliter Bakamla yang handal, kredibel, beretika, serta berjiwa Paramiliter yang dapat dibanggakan, sehingga dikemudian hari apabila negara memerlukan kalian telah siap sebagai komponen cadangan negara.

Dikatakan pula dalam amanatnya, kepada para pelatih, instruktur maupun Pembimbing dan pengasuh agar dapat melaksanakan pendidikan dan pelatihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Berikan pengasuhan yang prima kepada peserta didik, lakukan tugas secara ikhlas sesuai tanggung jawab saudara, agar program pendidikan ini dapat berjalan sebagaimana yang telah direncanakan sehingga dapat melahirkan Paramiliter Bakamla yang professional, mahir, terpuji dan handal serta unggul dalam menghadapi tuntutan tugas kedepan.

Usai pembukaan Diklatsarmil, Deputi Opslat berlanjut dengan menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya orientasi bagi siswa Diklatsarmil.

Turut hadir pada upacara tersebut antara lain: Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, S.H., beserta Pejabat teras Kodiklatal, Kepala Biro Umum Bakamla RI Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E., Kasubdit Monev Strategi Kamla Kolonel Bakamla M. Nizarudin, S.E., M.H., Kabag Kepegawaian Kolonel Bakamla Sumarto, Kabag Keuangan Kolonel Bakamla Subiyantoro, serta sejumlah pejabat dari Pusdiklatsarmil Kodiklatal.