Filosfi Silat Cibitik

Jakarta-Betawipost.co.id,Silat Citbitik memiliki kelebihan sebagai olah kemampuan bela diri di ruang sempit. Aliran pencak silat asli Betawi ini ternyata sudah ada dari abad 17 Masehi.

Silat Citbitik diciptakan oleh pendekar perempuan bernama Mak Tjenik. Ia kemudian mewariskan ilmu bela diri ini kepada Ncit, pemuda asal Pasar Minggu.
Ada tujuh jurus andalan Silat Citbitik diantaranya, seliwa, sabet, kemudi dan tender. Seluruh jurus mengandalkan kemampuan bela diri tangan kosong.

Sekarang, silat legendaris Betawi selain Beksi dan Cingkrik ini masih tetap eksis melalui Sanggar Silat Citbitik Mayangkara.

Pelatihan diberikan langsung Choerudin yang juga menjadi Ketua Sanggar Citbitik Mayangkara bersama rekannya Marzuki dan bertindak sebagai guru besar, Abas.
Dikatakan Choerudin, sanggar didirikan pada tahun 1988. Perguruan silat ini menggunakan filosofi takwa, tabah dan tangguh.

“Kalau mayangkara sendiri bermakna kera putih karena jurus-jurus silat Citbitik mirip gerakan kera,” ujar Choerudin, saat ditemui belum lama ini.
Sambil memperhatikan muridnya yang sedang berlatih, ia mengungkapkan, dirinya sudah mempelajari Silat Citbitik sejak kelas dua SMP.

26 thoughts on “Filosfi Silat Cibitik

  1. I simply want to say I am all new to blogging and site-building and absolutely loved your page. Likely I’m planning to bookmark your site . You absolutely have outstanding well written articles. Bless you for sharing your web page.

  2. Ping-balik: immediate edge
  3. Ping-balik: fun88
  4. Ping-balik: 메이저놀이터
  5. Ping-balik: 먹튀검증토토
  6. Ping-balik: devops consultants

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.