JADIKAN MOMENTUM IDUL ADHA DAN QURBAN SEBAGAI IKHTIAR IBADAH DAN SARANA MENDEKTAKAN DIRI KEPADA SANG PENCIPTA

Betawipost – Jakarta, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut III (Danlantamal III) Brigjen TNI Hermanto, S.E., M.M. beserta para Pejabat Lantamal III menyaksikan penyembelihan hewan qurban sebanyak 9 ekor sapi dan 10 ekor kambing di Mako Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol Jakarta Utara, Senin (3/8/2020).

Secara lahiriah setiap yang berkorban menyembelih hewan qurban dan membagikannya kepada sesama, tetapi sejatinya berqurban kepada Allah dengan berani mengorbankan sesuatu yang dimilikinya untuk sesuatu yang lebih utama, yakni semakin mendekatkan diri kepada Allah sekaligus berbuat kebajikan yang luhur atau ihsan kepada sesama.

Berkurban juga memiliki hakikat menyembelih sifat-sifat binatang/hewani yang ada di diri kita manusia, sifat-sifat yang tidak taat aturan, buas, rakus, tamak, zolim, intoleransi, kita kadang tak pernah merasa puas, jarang bersyukur atas begitu banyak nikmat padahal hidup ini hanya sesaat. Ujung kehidupan adalah akhirat, alam dimana semua perbuatan dan perkataan dipertanggungjawabkan.

Yang menciptakan perbedaan itu Allah SWT, agar kita semua memikirkan, memahami, mengambil pelajaran, bersyukur, mendapat petunjuk. Jadikan momentum Idul Adha dan qurban ini sebagai ikhtiar ibadah kita mendekatkan diri kepada sang Khalik, teruslah berbuat kebaikan dengan keikhlasan karena kombinasi keduanya Insya Allah bernilai ibadah.

Ikhlas dengan menerima pembelajaran hidup dari pandemi Covid-19 sebagai sebuah pengorbanan sehingga kita terus mawas diri, kemampuan beradaptasi dengan segala situasi menuju kemandirian diberbagai sisi sebagaimana yang dicita-citakan para pendiri bangsa dan pemerintah saat ini.(Dispen,dd)