KH Choer Affandi : sejak kecil mendoakan Kang Uu sebagai calon pemimpin

Betawipost.co.id.Jakarta – Pesantren tradisional yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya itu telah melahirkan banyak kiyai dan ulama di Jawa Barat bahkan di Nusantara. Saat ini ribuan santri dari berbagai belahan negeri menimba ilmu di pesantren yang sudah diakui oleh negara, lulusannya setara dengan jenjang pendidik formal.

Pondok Pesantren (Ponpes) tersebut ialah ponpes Miftahul Huda Manonjaya, yang merupakan Ponpes terbesar di Jawa Barat yang didirikan oleh seorang kiyai besar bernama KH Choer Affandi almarhum yang karib disapa Uwa Ajengan.

 

Di pesantren inilah, sosok calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ullum lahir dan dibesarkan. Kang Uu merupakan salah satu cucu kesayangan Uwa Ajengan. Tidak heran jika sejak kecil, Uu selalu dibawa Uwa ajengan kemanapun beliau pergi untuk memberikan tausiyah.

 

Bahkan Uu kecil selalu dibawa Uwa ajengan saat memberikan pengajaran kepada santrinya di madrasah atau pun Mesjid. Saat itu pula Uwa ajengan selalu menyebutkan kalau Uu yang saat itu masih anak-anak ini calon pemimpin masa depan. Dan selalu mendoakannya agar kelak menjadi seorang pemimpin.

“Tah barudak doakeun ku sarerea iyeu teh calon pipamimpineun,” (nah anak-anak do’akan oleh semuanya kalau ini calon pemimpin masa depan) ucap Uwa saat itu.

Kalimat tersebut sering diulang-ulang oleh Uwa Ajengan sambil membopong Kang Uu yang masih balita di hadapan ribuan santri yang mengaji kala itu. Ucapan itu pun langsung diamini oleh para santri dan juga jemaah pengajian. Doa itu pun selalu diucapkan Uwa Ajengan saat di sampingnya ada Kang Uu.

Pada suatu kesempatan Uwa Ajengan yang telah membumikan kalimat toyibah itu juga pernah melakukan salat istikharah, untuk mengetahui apakah Kang Uu kelak bisa menjadi pemimpin atau tidak.

Saat itu Uwa setelah selesai salat istikharah langsung membuka kitab Riyadul Badiah. Dan ternyata yang pertama kali terbuka adalah pasal tentang syarat-syarat menjadi seorang pemimpin. Mungkin itulah isyarat kalau Uu bisa menjadi seorang pemimpin.

Dan ternyata apa yang diharapkan dan dicita-citakan Uwa Ajengan terwujud dengan terpilihnya Kang Uu sebagai Bupati Tasikmalaya pada tahun 2011 lalu. Dan kembali terpilih menjadi Bupati Tasikmalaya untuk periode ke dua pada tahun 2016.

Kini Kang Uu mencalonkan diri menjadi calon wakil Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Ridwan Kamil. Dan apa yang dicita-citakan oleh Uwa Ajengan terhadap Kang Uu bisa kembali terwujud. Kang Uu bisa terpilih menjadi pimpinan di Jawa Barat.

 

Kang Uu sendiri mengakui ada perlakukan khusus yang diberikan Uwa Ajengan atau Kakeknya terhadap dirinya. Ia banyak diberi nasehat agar selalu memegang kalimat toyibah dan selalu berfikir positif dan mengutamakan untuk membantu masyarakat banyak.

 

“Banyak amanat yang diberikan Kakek kepada saya dan amanat itu selalu saya pegang sampai saat ini,” kata Kang Uu.

 

Ia pun terus berusaha untuk bisa mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh Kakeknya dulu untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa memberikan kemaslahatan bagi masyarakat di Jawa Barat.

 

Keputusan untuk mencalonkan diri pada Pilgub Jabar saat ini pun sebagai bagian dari ihtiar untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan selama ini oleh Kakeknya. Dengan harapan semua alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda “Buleud” mendukung dan memenangkan Kang Uu di Jawa Barat.

 

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Romahurmuziy mengatakan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di Dunia, Idealnya banyak memiliki pemimpin yang berlatar belakang santri.

 

Itu penting kata dia, untuk memajukan pesantren, memajukan pendidikan keagamaan di Indonesia khususnya di Jawa Barat. Kunci yang paling efektif adalah dengan menjadikan santri sebagai pemimpin.

 

“Saatnya santri menjadi pemimpin di negeri dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia agar pendidikan pesantren bisa lebih maju lagi,” katanya(madinah)

1 thought on “KH Choer Affandi : sejak kecil mendoakan Kang Uu sebagai calon pemimpin

  1. I just want to say I am very new to blogs and certainly enjoyed you’re web site. More than likely I’m going to bookmark your blog . You surely have beneficial writings. Thank you for revealing your blog site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.