Kohanudnas Selenggarakan Rapat Kerja Tahun 2021

Penkohanudnas (Jakarta). Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI M. Khairil Lubis, membuka sekaligus menutup Rapat Kerja Kohanudnas (Raker) tahun 2021 di Gedung Leo Wattimena, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (22/2). Raker Kohanudnas diikuti oleh Kaskohanudnas Marsma TNI I Wayan Sulaba., S.Sos., M.Sc, Pangkosekhanudnas I,II, III, IV, Danpusdiklathanudnas, Kapuspotdirgaau, Pejabat Kohanudnas, Paban II Spotdirgaau, Perwakilan dari Seskoau, Para Komandan Satuan Radar (Satrad), Dansatrudal 111, serta siswa operator PTTA A-3 Skadik 104 Lanud Adisutjipto.

Dalam sambutannya Pangkohanudnas, menyampaikan, dinamika perkembangan lingkungan strategis (Banglistra) sangat mempengaruhi aspek pertahanan udara nasional. Dalam kondisi tertentu Lingstra juga melahirkan persaingan ketegangan dan konflik antar negara maupun kawasan, penegakan hukum dan pengamanan wilayah udara nasional dimana setiap negara mempunyai kedaulatan yang utuh dan penuh atas ruang udara nasional. Oleh karena itu sebagai perwujudan dari operasi penegakan hukum dan pengamanan adalah menjamin terselenggaranya penegakan hukum dan pengamanan di wilayah kedaulatan nasional.

Usai sambutan Pangkohanudnas dilanjutkan paparan dari Irkohanudnas Kolonel Lek Budi R Leman,S.T.,M.M tentang evaluasi Wasrikkap TA.2020, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan penilaian resiko, Asintel Kaskohanudnas Kolonel Sus Dr. Daril Kaesorry,S.T.,M.Si tentang Banglistra, perkiraan ancaman wilayah udara dan kekuatan negara sekitar, Pekas Denma Lettu Adm I Dewa Made Estu Wibawa mewakili Kaku Kohanudnas tentang mekanisme pelaksanaan anggaran belanja negara di lingkungan Kemhan dan TNI, Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Patria Susantosa tentang perencanaan dan pelaksanaan pengadaan serta SDM, Direktur Utama AirNav Indonesia Mohamad Pramintohadi Sukarno,IR.,M.Sc tentang peran AirNav sebagai komponen pendukung pertahanan negara dalam rangka operasi penegakan hukum dan pengamanan wilayah udara serta Lektor Fak. Teknik Mesin dan Dirgantara ITB Dr.Ir. Yazdi Ibrahim Jenie,S.T.,M.T tentang pelibatan drone dalam medan pertempuran dan aturan hukumnya.

Rapat Kerja Kohanudnas tahun 2021 ini mengambil tema “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militant, Loyal dan Profesional, Kohanudnas Siap Melaksanakan Tugas Gakkumpamwilud dan Membantu Program Pemerintah (Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional)”. Sebelum Raker ditutup, Pangkohanudnas memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani bagi para Komandan Satuan, diantaranya, pelaksanaan tugas kedepan yang paling utama adalah mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai perintah Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, agar para Komandan Satuan Jajaran mengoptimalkan fungsi Binpotdirga untuk terus mendisiplinkan 3M memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta mendukung 3T tracing, testing, dan treatment di lingkungan sekitarnya, Para Perwira harus meningkatkan literasi dengan banyak membaca serta mengikuti perkembangan situasi, semua pimpinan satuan harus hand on dalam setiap pelaksanaan tugas, Komandan satuan Jajaran harus mensosialisasikan pendidikan SMA Pradipta Dirgantara serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.(PenKOHANUT,dd/Red)