LANAL BANDUNG LAKSANAKAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Betawipost – Jakarta,Dalam rangka Karya Bakti TNI AL TA 2019, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Kesehatan Lingkungan di Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/11/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh 106 pelajar SDN Cikawungading dan SDN Sukasari Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., yang dibacakan oleh Pgs. Lanal Bandung Mayor Laut (P) Saparudin mengatakan bahwa salah satu tugas TNI adalah membantu tugas pemerintah dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di laut (Dawilhanla) dengan sasaran penyiapan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan serta kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Dalam rangka melaksanakan tugas pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara, Lanal Bandung melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat, aparat pemerintah, komponen bangsa serta pelajar yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan komunikasi sosial.

Selain itu, Komandan Lanal Bandung menyampaikan pembiasaan untuk hidup bersih harus diberikan sejak dini kepada anak-anak kita. Tidak hanya di rumah, tetapi juga di sekolah. Karena dengan hidup bersih, hidup menjadi sehat. Pembiasaan tersebut juga dapat melatih anak untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Membuat mereka lebih peka atau peduli pada diri sendiri dan lingkungan dimana mereka berada.

Salah satu upaya mencegah terjadinya penyakit adalah perlu diadakan penyuluhan kesehatan secara dini pada anak, membiasakan anak-anak kita terutama yang masih dibawah usia atau sekolah dasar agar mereka peduli dan bisa memberi contoh pada kebersihan diri dan lingkungan. Penyuluhan kesehatan merupakan tindakan pencegahan primer sebelum terjadinya penyakit. Tujuannya adalah untuk merubah perilaku dari aspek pengetahuan, sikap dan tindakan yang tidak sehat ke arah perilaku yang sehat. Usia sekolah merupakan masa untuk meletakkan landasan kokoh bagi terwujudnya manusia yang berkualitas dan kesehatan merupakan faktor penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia.

Komandan Lanal Bandung berharap agar kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal diatas, kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan yang menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan.

Kegiatan penyeluhan dihadiri oleh Danramil Cipatujah, Kapolsek Cipatujah, Sekretaris Camat Cipatujah, Dinkes Kabupaten Tasikmalaya, Kapuskesmas Cipatujah, Kades Cikawungading, Kepala Sekolah SMK Cipatujah, Kepala Sekolah SDN Cikawungaling, dan Kepala sekolah SDN Suka.(Dispen)