LANAL SABANG SIAP MENDUKUNG PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19

Betawipost – Jakarta, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang siap mendukung percepatan penanganan wabah Covid-19, dengan mengadakan latihan penanggulangan wabah Covid-19 dalam simulasi evakuasi medis pasien Covid-19 yang diselenggarakan di Mako Lanal Sabang. Rabu (15/04/2020).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E., M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa latihan ini diselenggarakan bertujuan meningkatkan kemampuan serta kesiapan prajurit Lanal Sabang dalam menguasai prosedur menghadapi penanggulangan serta melaksanakan evakuasi terhadap pasien Covid-19. Ketika prosedur ini sudah dikuasai oleh para prajurit Lanal Sabang, tentu masyarakat akan mendapatkan penanganan secara cepat dengan protokol yang benar, dan juga memberikan ketenangan kepada masyarakat, bahwa semua bersinergi menghadapi ancaman wabah Covid-19.

Latihan penanggulangan serta simulasi evakuasi medis pasien covid-19 dilaksanakan semirip mungkin dengan situasi yang sebenarnya. Dimana prajurit Lanal Sabang harus mengevakuasi pasien Covid-19 dari laut menuju darat dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, serta menguji simulasi koordinasi antar stake holder dalam penanganan pasien.

Kesiapan prajurit akan terbentuk melalui latihan yang intens, jadi nantinya latihan-latihan serupa pada penanganan wabah covid-19 akan dilaksanakan secara bertahap. Disamping itu, alat dan perlengkapan yang digunakan untuk menangani wabah Covid-19 juga akan ditambah dan dilengkapi secara bertahap, Imbuh DanLanal Sabang.