PEMKAB SAMBAS SIAP DUKUNG PEMBANGUNAN PANGKALAN TNI AL UNTUK MEWUJUDKAN KEAMANAN WILAYAH PERAIRAN

Betawipost – Jakarta, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi melaksanakan Ramah tamah dan Silahturahmi di Aula kantor Bupati Sambas, Jalan pembangunan, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Jumat (28/02/2020)

Wakil Bupati Sambas Hairiah, S.H., M.H., membacakan sambutan Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc., mengucapkan terima kasih atas kehadiran Danlantamal XII beserta istri dan rombongan di Kabupaten Sambas dan menyampaikan permohonan maaf Bupati yang tidak bisa hadir karena sedang berada diluar kota.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc. berharap semoga kedatangan Komandan lantamal XII ke Kabupaten Sambas akan semakin mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Sambas dan TNI AL yang selama ini telah terjalin dengan harmonis.

Setelah berkoordinasi dengan Sekda dan Kabag Umum mengatakan Pemkab Sambas siap mengalokasikan tanah untuk pembangunan Pangkalan Angkatan Laut di kabupaten Sambas.

“Pemerintah Kabupaten Sambas akan mendukung sepenuhnya program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh TNI AL guna meningkatkan hubungan yang sinergis dalam menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan khususnya pertahanan dan keamanan di wilayah perairan NKRI khususnya yang berada di Kabupaten Sambas,” ujarnya.

“Pemerintah Kabupaten Sambas juga akan sangat mendukung dan berterimakasih apabila pemerintah pusat merencanakan untuk membangun Pangkalan TNI AL di wilayah Kabupaten Sambas. Dengan keberadaan Pangkalan TNI AL tersebut, maka diharapkan tindak kejahatan di wilayah perairan akan dapat diminimalisir,” ungkapnya.

“Sumber daya alam akan terus terjaga dan lebih dapat dimanfaaatkan secara optimal, serta yang lebih penting adalah kedaulatan dan ketahanan nasional NKRI dapat terpelihara dengan baik. Hal ini sejalan degan program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu Poros Maritim terkuat di dunia. Pemkab Sambas siap berkerja sama dengan TNI dan kepolisian demi menjaga NKRI yang berada di wilayah perbatasan, yang mana wilayah Sambas adalah wilayah perbatasan dengan Malaysia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danlantamal XII mengatakan bahwa sebagai pejabat baru Komandan Lantamal XII Pontianak merupakan suatu kewajiban untuk meninjau wilayah kerja Lantamal XII termasuk yang ada di Kabupaten Sambas terdapat dua Pos Angkatan Laut yakni Posal Temajuk dan Posal Paloh serta satu Pos Pengamat di Pemangkat.

“Saat ini di TNI ada organisasi baru yaitu Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) ke depan akan mengembangkan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Kalimantan Barat, ada di Kabupaten Ketapang yang akan diresmikan pada bulan Maret 2021 dan akan ada penambahan satu Lanal di utara embrio di Kabupaten Sambas. Untuk itu, kami sangat mengharapkan kerjasama yang harmonis dengan stakeholder, terutama dalam menjaga keamanan wilayah laut,” pungkas Danlantamal XII.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, S.H., M.H., Danlanud Supadio yang mewakili, Komandan Kodim 1208/SBS, Wadanlantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E., para Asisten Danlantamal XII, para Kadis Lantamal XII, Kapolres Sambas, Danyon 645/GTY Sambas, Kajari Sambas, MUI Kabupaten Sambas, Pangeran Ratu Muhamad Tarhan, serta H. Subhan Nur (DPRD Provinsi Kalbar).