Pengungkapan Kasus Pemalsuan Mata Uang Kertas

Jakarta – Pada hari Kamis tanggal 4 Juli 2019 sekitar jam 14.10 Wib di Jl. Raya Kelapa Nias Kelapa Gading Jakarta Utara.

Telah tertangkap tersangka dengan mengedarkan mata uang asing dengan cara diperjual belikan kepada Masyarakat Umum untuk mendapatkan keuntungan.

“Kronologisnya, Anggota Unit Ill Sat. Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok mendapatkan lnformasi adanya penjualan uang kertas mata uang asing yaitu dollar US. Dari informasi tersebut selanjutnya dilakukan penyelidikan dan diketahui akan terjadi transaksi jual beli mata Uang Dollar US tersebut. Yang kemudian dilakukan Penangkapan terhadap Sdr. DA, Sdr. RVL, Sdr. AS dan Sdr. AR d1 Jl. Raya Kelapa Nias Kelapa Gading Jakarta Utara yang sedang akan mengedarkan mata uang asing palsu dengan cara akan dijual uang dollar US tersebut kepada Sdr. AI (Belum Tertangkap) sejumlah 1 (satu) burt terdiri dari 1O (sepuiuh) lak, untuk setiap 1 (satu) lak berisi 100 (seratus) lembar yang masing masing pecahan senilai 100.000 USD dengan harga setiap 1 (satu) donar dengan harga Rp.5.000.(Iima ribu rupiah) dengan total| Rp.500.000.000.(Iima ratus juta rupiah), selanjutnya dilakukan pengembangan dan dilakukan penangkapan terhadap FF, PA dan HS berikut barang bukti yang disita”, ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold E.P. Hutagalung,S.E,S.IK,M.SI,MH.

“Ancaman pidana pasal 244 KUHP dengan pidana 15 tahunpenjara  dan pasal 245 KUHP dihukum penjara selama-lamanya 15 tahun”, terang Kasat Reskrim AKP Moh.Faruk Rosi,S.IK,M.Si.

(Ria)