PERADI Halal Bihala Menjaga Kebhinekaan NKRI

Betawipost.co.id,Jakarta – Beragam busana adat daerah di Indonesia mewarnai acara halal bihalal Idul Fitri 1440 Hijriah yang digelar Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), yang digelar bertempat di Hotel Pulman, Jakarta pada, Rabu (4/7) malam.

Acara yang dihadiri ratusan pengacara anggota Peradi dari berbagai daerah ini memang mengangkat tema kebhinekaan.

Juniver Girsang, (Ketua Umum Peradi) menyatakan, acara Halalbihalal setelah hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah,  Peradi yang kali ini mengangkat tema ‘Menjaga Kebhinnekaan NKRI’.

Sejumlah busana daerah seperti busana adat Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Minahasa Utara, Batak, sampai Papua dikenakan oleh para advokat anggota Peradi.

“Peserta halalbihalal ini datang dari berbagai daerah seperti Denpasar, Malang, Banyuwangi, Kediri, dan sebagainya. Mereka kita minta mengenakan busana adat daerahnya sendiri dengan busana adat yang asli bukan yang KW,” tegas univer Girsang.

Acara ini dihadiri oleh tokoh NU Yenny Wahid dan mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang, Sedangkan Menko Polhukam Wiranto yang sedianya datang ke acara ini batal hadir, digantikan oleh Deputi 3 Menko Polkam.

Selain itu acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat Polri, pejabat Kejaksaan Agung, senior advokat Mohamad Assegaf, Hotma Sitompul, dan Luhut Pangaribuan,

“Halalbihalal Idul Fitri kali ini bernuansa kebhinekaan, yang menjadi tanggung jawab kita. Kami Peradi tetap berkomitmen UUD 1945 dan Pancasila tidak bisa diganggu gugat, menjadi pegangan dalam menjalankan profesi kami, dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Juniver.

Halal bihalal ini juga menampilkan hiburan anak-anak jalanan, membawakan permainan musik tradisional angklung yang dimainkan oleh anak-anak jalanan binaan Peradi.

“Peradin terpanggil membina mereka, bernaung dalam Sahabat Anak-anak Jalanan (Saja). Sehari-hari mereka merupakan anak jalanan, mereka berasal dari berbagai suku dan agama,” kata Juniver.(ria)