POSMAT MERAL LANAL TANJUNG BALAI KARIMUN SELAMATKAN ABK KM. KAISAR 88 JATUH KE LAUT

Betawipost – Jakarta, Posmat TNI Angkatan Laut Lanal Tanjung Balai Karimun selamatkan ABK KM. Kaisar 88 yang jatuh ke laut pada saat kapal berlayar di Perairan Baran, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (11/3/2020).

Kejadian berawal saat KM. Kaisar 88 angkat jangkar dan start mesin persiapan berlayar pada posisi N 0.59’1.4388” – E 103.25’5.3148” di Perairan Baran, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Saat kapal sedang berlayar korban salah satu ABK atas nama Adek Priyanto berjalan menuju buritan kapal untuk mengambil air minum namun terpeleset dan jatuh ke laut. Kejadian tersebut dilihat oleh anggota Posmat Meral yang sedang melaksanakan patroli terbatas di Perairan Baran dengan menggunakan speed boat mesin 40 PK milik Posmat Meral, selanjutnya melaksanakan pertolongan terhadap korban.

Berkat kesigapan Posmat Meral, korban berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke speed boat patroli Posmat Meral, kemudian mengejar dan menghentikan KM. Kaisar 88 untuk memberitahukan bahwa ada salah satu ABK yang jatuh ke laut. Selanjutnya memerintahkan KM. Kaisar 88 untuk kembali ke lokasi kapal lego jangkar.

Kejadian kecelakaan laut tersebut dilaporkan ke Posmat Meral untuk meminta bantuan evakuasi terhadap korban. Selanjutnya korban dibawa menuju dermaga Lanal Tanjung Balai Karimun untuk pengecekan kondisi korban dan dilaksanakan pertolongan pertama oleh Bakes Jaga Lanal Tanjung Balai Karimun, kemudian korban dievakuasi menuju Pukesmas Tanjung Balai Kota untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Dari hasil pendataan diperoleh keterangan nama Kapal KM. Kaisar 88, Tonage 26 GT, Jenis Kapal Jaring Cumi, Nahkoda Rifai (54 Tahun), Jumlah ABK 8 orang, Rute Pelayaran dari Baran, Meral, Tanjung Balai Karimun tujuan Perairan Penjantan, Tambelan, Kalimantan Barat.

Kecelakaan laut tersebut mengakibatkan kerugian personel korban atas nama Adek Priyanto Adek Priyanto, Umur 24 Tahun, Alamat Tanjung Batu Kecil RT 002/001 Kecamatan Buru Kabupaten Karimun, Pekerjaan ABK KM. Kaisar 88, mengalami luka pada tangan dan punggung tergores.