Rapat Koordinasi Nasional Vox Point Di Gelar Di Jakarta

betawipost.co.id-Jakarta.Vox Point Indonesia menggelar rapat koordinasi Nasional (Rakornas) di Samadi KIender, Jakarta Timur, Minggu-Selasa (29 April-1 Mei 2018). Rakornas yang pertama ini mengambil tema Membumikan PancasiIa, Merawat Kebhinekaan
dengan dua acara utama yakni Seminar Nasiona dan Sidan-sidang Komisi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Konfrensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo. Sementara dalam Seminar Nasional akan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila YudiIatif, Siti Musda MuIya dari Indonesia Conference on Religion and Peace (ICRP) dan Pengamat Sosial Politik Paulus Krissantono.

Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handoyo Budisejati mengatakan Rakornas Vox Point Kali ini ingin membangun kesadaran bersama tentang pentingya implementasi niIai-niIai Panscasila daIam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai Ideologi Negara harus menjadi penggerak dan sumber niIai bagi seluruh kader Vox Point Indonesia daIam peran serta aktifnya daIam masyarakat. SekaIigus menggugah kembaIi komitmen seluruh elemen bangsa ini untuk secara aktif melaksanakan niIai-niIai pancasiIa daIam .kehidupan berbangsa dan bernegara. ”Kita harus akui bahwa PancasiIa saat ini sedang mengaIami masa perguncangan dan karena itu seluruh elemen bangsa ini harus bergerak untuk memastikan eksistensi ideologi Pancasila tersebut termasuk di daIamnya adalah tugas seluruh kader Vox Point Indonesia dimana saja mereka berada,” kata Handoyo.

Tugas itu kata dia bukan hanya menjadi tugas pemerintah tetapi seluruh masyarakat, partai POIitik; dunia Pendidikan, sector swasta hingga pada tingkat terkecil di tengah-tengah keluarga. ”Kita seperti hidup dalam suatu situasi disorientesi ideolgoi Negara, sheingga mengangkat topic pancasiIa hari ini adalah sesuatu yang sangat relevan dan kontekstual,” sambungnya.

Ketua Stering Komitee, Anselmus Alaman menambahkan Rakornas ini juga untuk menggerakan kembaIi para politisi serta mewaspadai perilaku yang bertentangan dengan Pancasila. Beberapa priIaku diantaranya adalah Korupsi, berkembangnya PoIitik Identitas, degradasi moral, Ujaran Kebencian yang mempengaruhi prilaku Politisi. “Vox Point meIaIui Rakornas kaIi ini berjuang untuk politik yang bermartabat yakni mengedepankan nilai-nilai pancasiIa.”

SeIain itu daIam PiIkada, Pileg dan Pilpres merupakan wujud Demikrasi Prosedural mendapatkan pemimpin yang Iegitim yang dipercayai oIeh masyarakat dan juga komit terhadap persioaIann-persoalan masyarakat. Vox Point adalah Iembaga yang berupaya untuk mempersiapkan caIeg-caleg atau atau cann pemimpin eksekutif yang berkualitas, berintegritas dan kapabilitas.

Vox point Indonesia juga akan bersinergi dengan eIit politik untuk membangun kebhinekaan sebagai identitas Indonesia. Berkaitan dengan itu Vox Point menghargai perbedaan memiIih, bersama menepis isu sarah, ujaran kebensian dan berita bohong (Hoax) yang digunakan sebagai aIat politik yang berakibat memecahbeIah masyarakat dan merendahkan martabat atau kualitas Demokrasi.

Ketua panitia Rakornas Vox Point Indonesia Susana Suryani Sarumaha mengungkapkan bahwa Rakornas Vox Point ini juga mengundang Ormas-ormas, Para Pimpinan Partai dan utusan dari 13 Dewan pimpinan Daerah (DPD) dan Iebih dari 40 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia serta tokoh~tokoh agama dan masyarakat. “Kita mengharapkan hasil Rakornas ini menjadi sumber inspirasi baru bagi para aktivis dan politisi bahwa menjaIankan poIitik itu tidak bisa terIepas dari karakter pancasilais,” pungkas Susan.(nor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.