SAKA BAHARI BINAAN KOLINLAMIL, SMKN 33 JAKARTA GELAR PERJUSA

Otoritasnews.com-Jakarta.Dalam rangka pembinaan potensi maritim, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melalui Staf Potensi Maritim (Spotmar) mengadakan Kegiatan Perkemahan jumat sabtu (Perjusa) Saka Bahari pramuka SMKN 33 Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (15/12).

Perkemahan yang berlangsung disekolah kejuruan tersebut diikuti 190 siswa, terdiri dari 35 putra dan 155 putri dan dibuka Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi, S.E., M.M., M.Han.
Kegiatan ini dalam rangka pelantikan pramuka penegak ke penegak bantara untuk kelas 10 dan pelantikan calon penegak bantara ke penegak laksana bagi para siswa kelas 11 yang mana merupakan bagian dari pembinaan pramuka saka bahari Kolinlamil.
Aspotmar Panglima Kolinlamil menjelaskan bahwa kegiatan gerakan pramuka merupakan salah satu wadah pilihan utama dan solusi handal masalah kaum muda agar terhindar kegiatan-kegiatan yang tidak produktif. Gerakan pramuka merupakan gerakan kepanduan yang berupaya mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang berkarakter, bermoral serta memiliki budi pekerti luhur.
“Para pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa sangat peru dibekali dengan ketrampilan dan pengetahuan dalam berorganisasi dalam kepramukaan” terangnya.

Aspotmar juga mencontohkan kegiatan pelantikan kenaikan tingkat anggota pramuka pada tingkat yang lebih tinggi merupakan kegiatan peningkatan kualitas pengetahuan, keterampilan dan pengalaman bagi para anggota pramuka terutama dalam pola pendekatan hubungan antara kakak dan adik sehingga terwujud pola pembimbingan suka rela penuh cinta kasih layaknya dalam suatu keluarga.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penyelenggaraan pelantikan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan penegak yang profesional dan mumpuni yang nantinya akan memberi bimbingan bagi adik-adik pramuka lainnya serta akan membawa nilai luhur dalam kepramukaan pada lingkungan masyarakat dan sekolah sehingga terhindar dari kenakalan remaja akibat pergaulan yang keliru.

Dalam kesempatan ini pula kakak-kakak pramuka staf potensi maritim (Spotmar) Kolinlamil membekali para peserta Perjusa dengan pengetahuan wawasan kebangsaan, bela negara, kebaharian, flying game, Peraturan Baris Berbaris(PBB) dan uji SKU (sarat kecakapan umum) sebagai syarat utama kenaikan tingkat anggota pramuka. (Dispen Kolinlamil,keti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.