SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR TNI AL SALURKAN BANTUAN DAN EVAKUASI KORBAN BANJIR DI BENGKAYANG

Sehatynews – Pontainak, 5 Februari 2021,– Satgas Penanggulangan Bencana Banjir Lantamal XII Pontianak yang dipimpin oleh Asintel Danlantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Yustinus R, M.Tr..Hanla, M.Tr (Han), memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat yang diterima oleh Camat Ledo Marimin, S.A.P. untuk selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Bantuan yang diserahkan berupa Beras 530 kg, Mie Instan 250 dos, Air Mineral 125 dos, Kasur Palembang 10 buah, Kecap Manis 1 dos, Teh Perenjak 1 dos , Handuk 1 dos, Sabun Mandi 1 dos, Kopi Bubuk 1 dos, Selimut 1 dos, Soklin Rinso 1 dos, Susu Bayi 1 dos, Pampers 60 pcs, Gula Pasir 1 dos, Kecap 1 dos, Pembalut 1 dos dan Minyak Kayu Putih 20 botol.

Banjir yang menerjang 8 desa ditiga titik di wilayah Kabupaten Bengkayang telah menggenangi Desa Lesabela, Desa Rodaya, Desa Seles, Desa Lomba Karya, Desa Dayung, Desa Desape, Desa Sukajaya, dan Desa Siday.

Selain memberikan bantuan bahan pokok dan batuan lainnya, Satgas yang ber Posko di Gereja Katholik Santo Paulus dan Petrus Jalan Raya Ledo tersebut telah melaksanakan evakuasi penduduk yang terjebak di rumahnya untuk dibawa ke tempat pengungsian dan melaksanakan SAR secara bergantian, kegiatan tersebut masih berlangsung sampai dengan saat ini.

Satgas yang dilepas oleh Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman pada Kamis (4/2) dari Mako Lantamal XII tiba di Desa Lesa Bela Kecamatan Ledo Kabupaten Bengkayang Provini Kalimantan Barat pada Jum’at (5/2) setelah menempuh perjalanan darat sekitar 5 jam dengan menggunakan 3 kendaran truk dari Lantamal XII dan Yonmarhanlan XII.

Guna mempermudah proses kegiatan bantuan bencana banjir dan pendistribusian bahan kontak, Lantamal XII mensiagakan 2 unit perahu karet lengkap dengan motor tempel 40 PK sebagai sarana pendukung guna membantu masyarakat diantaranya Veltbed 30 buah, Sleepingbed 30 buah, Swempest 30 buah dan Tenda Peleton 1 set, serta peralatan kesehatan lapangan 6 unit.(Dispen/dd)