SATGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KOARMADA I MELAKSANAKAN LATIHAN DI PULAU SEBARU

Betawipost – Jakarta, Satgas Percepatan Penanganan Dampak Covid-19 melaksanakan latihan dan drill lapangan (14/4) di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Latihan ini dilaksanakan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) khususnya di lingkungan wilayah Koarmada I,

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah simulasi penyiapan di lingkungan mess karantina pemetaan daerah karantina, fogging/pengasapan untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty, pemeliharaan fasilitas MCK, serta pemasangan instalasi komunikasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan Pulau Sebaru yang bersih, sehat dan nyaman sebagai salah satu tempat karantina pasien Covid-19 di Kepulauan Seribu.

Satgas yang berada dibawah pimpinan Kolonel Mar Arinto Beny Sarana ini dibentuk dengan tujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi penyebaran virus dalam skala besar, tim satgas dapat bergerak dengan cepat untuk melakukan langkah-langkah evakuasi dan mendukung proses karantina dengan tepat sehingga tidak menimbulkan kepanikan khususnya di lingkungan Koarmada I.

Latihan dengan melibatkan KRI Kerambit 627 dan KRI Wiratno 378 ini merupakan rangkaian kegiatan latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 di Koarmada I, dimana sebelumnya telah dilaksanakan pembekalan dan sosialisasi, penanganan teknis dan drill penggunaan APD (Alat Pelindung Diri), serta proses karantina dan evakuasi medis yang dilaksanakan di Mako Koarmada I, Kesatrian Koarmada I Pondok Dayung, unsur KRI dan di Pulau Sebaru.