TIM SATGAS BANJIR LANAL CIREBON EVAKUASI WARGA TERDAMPAK BANJIR DI WILAYAH KABUPATEN SUBANG UTARA

Betawipost  – Jakarta,Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Subang beberapa hari terakhir mengakibatkan Sungai Cupungara meluap sehingga mengakibatkan banjir dibeberapa wilayah yakni Kecamatan Pamanukan, Ciasem, Binong, Purwadadi, Pagaden, Pusaka Negara, Pusakajaya, dan Compreng. Menyikapi hal tersebut, Tim Satgas Banjir Lanal Cirebon melaksanakan bantuan evakuasi terhadap warga terdampak banjir di Desa Galian, Kecamatan Pusaka Negara, Kabupaten Subang Utara, Kamis (27/2/2020).

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, S.E., M.M., mengirim Tim Satgas Banjir yang dilengkapi dengan 1 unit perahu karet dan 10 buah swimvest untuk membantu evakuasi terhadap warga yang terkena dampak banjir di Desa Galian Kecamatan Pusaka Negara berjumlah 50 kepala keluarga ke tempat pengungsian yang lebih aman. Selain itu, Tim Satgas Banjir Lanal Cirebon juga membantu penyaluran bantuan logistik dari Pemkab Subang kepada warga terdampak banjir.

Penangulangan banjir dan evakuasi warga dilaksanakan bersama-sama antara Satgas Banjir Lanal Cirebon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Koramil dan Polsek Pusaka Negara, Basarda dan Relawan dari masyarakat sekitar.

Kondisi banjir di Desa Galian Kecamatan Pusaka Negara berangsur-berangsur normal dan banjir sudah mulai surut. Selanjutnya, Tim Satgas Banjir Lanal Cirebon stand by di Posko Satgas Pam Pelabuhan Patimban untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan.