TINGKATKAN PROFESIONALISME KOLINLAMIL GELAR LATIHAN KESEHATAN

Betawiposts.co.id-Jakarta. Untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan prajurit pengawak kesehatan, Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan Latihan Kesehatan (Latkes) P3K luka bakar di Gedung Diskes Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (18/12).
Kegiatan latihan kesehatan khusus untuk pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) luka bakar ini berlangsung selama empat hari mulai 18 hingga 21 Desember 2018.
Latihan yang dibuka oleh Kasubdiskesla Letkol Laut (K) Suprijanto, S.Si., M.Kes. mewakili Kadiskes Kolinlamil ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kerjasama antar personel tim mobile KRI dengan Bintara kesehatan dalam melaksanakan dukungan kesehatan.
“Latihan kesehatan kali ini untuk melatih kemampuan Bintara kesehatan (Bakes) secara kelompok dalam upaya mengatasi dan menanggulangi korban – korban akibat luka bakar baik yang terjadi di KRI maupun pangkalan saat baik saat operasi maupun latihan” jelasnya.
Sedangkan sasaran dari latihan ini adalah agar para personel tim mobile KRI dengan Bakes mempunyai pengetahuan dan keterampilan kesehatan dasar sebagai modal untuk penugasan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan dan dukungan kesehatan..
Lebih lanjut Kadiskes Kolinlamil menyampaikan bahwa latihan yang berlangsung selama dua hari baik teori maupun praktek tersebut untuk menguji kemampuan para peserta latihan dalam berpikir secara konsepsional dan bertindak secara terampil guna menangani menanggulangi korban-korban luka bakar. Pada latihan tersebut para peserta dilatih ketepatan prosedur teknis medis dalam melaksanakan P3K serta penanggulangan korban gawat darurat. Di samping itu, juga kemampuan melaksanakan kerjasama antara personel kesehatan dalam penanganan evakuasi serta penanganan kasus gawat darurat dan kemampuan evakuasi medis dalam penanganan kasus korban kecelakaan dengan sarana dan prasarana yang tersedia.
Latkes P3K luka bakar Triwulan IV tahun 2018 ini diikuti oleh 40 peserta dengan instruktur yang terdiri dari dokter umum serta beberapa tenaga kesehatan. Adapun Materi Latihan Pengertian, definisi, penyebab luka bakar dan akibat yang ditimbulkan, Burn sepsis, Diagnosis dan derajat kedalaman luka bakar, Klasifikasi dan kriteria berat ringan luka bakar, Fase luka bakar, P3K luka bakar dan Perawatan luka bakar. (Dispen Kolinlamil,keti)

1 thought on “TINGKATKAN PROFESIONALISME KOLINLAMIL GELAR LATIHAN KESEHATAN

  1. I just want to mention I’m all new to blogs and seriously liked this web site. Likely I’m likely to bookmark your website . You definitely come with good stories. Appreciate it for sharing with us your web site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.