Underpass Kemayoran di Lakukan Penyedotan di Bantu Team Satgas Penanggulangan Banjir Koarmada I

Tim Satuan Tugas (Satgas) Penangulangan Banjir Koarmada I bersama dengan instansi terkait kembali membantu melaksanakan penyedotan air yang menggenangi underpass Kemayoran Jakarta Pusat yang terendam banjir akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Kemayoran sejak kemarin sehingga tidak bisa dilintasi pengguna jalan, Senin (3/2/2020).

Pompa Penyedot Air yang beroperasi pagi ini berjumlah 15 pompa yaitu TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada I, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Suku Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jakarta Utara, dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara.

Palaksa Denma Koarmada I Letkol Laut (P) Maswedi menyampaikan bahwa selaku Pimpinan Satgas Penanggulangan Banjir Koarmada I mengatakan bahwa keterlibatan Koarmada I dalam membantu penyedotan air underpass Kemayoran ini untuk yang kedua kalinya, dimana sebelumnya kawasan itu juga dilanda banjir dengan ketinggian mencapai hingga 3 meter pada akhir Januari lalu.

“Kali ini Tim Satgas Penangulangan Banjir Koarmada I kembali menurunkan personel sebanyak 1 (satu) pleton, 2 (dua) unit mobil pompa beserta perlengkapannya, dan 1 (satu) unit mobil truk, bersama-sama dengan instansi terkait melakukan penyedotan air underpass Kemayoran yang masih digenangi air setinggi sekitar 1,5 sampai 2 meter,” tutur Palaksa Denma Koarmada I.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan penyedotan air underpass Kemayoran dimulai sejak pukul 07.40 Wib dan hingga siang hari ini masih berlangsung. Diperkirakan akan rampung malam hari karena sampai berita ini diturunkan kedalaman air masih sekitar 80 cm sampai 1 meter terutama dibagian tengah terowongan.

“Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin melakukan pengeringan air hingga tuntas agar underpass Kemayoran kembali dapat digunakan oleh pengguna jalan. Tentunya hal ini harus dilakukan secara bersama-sama oleh instansi terkait baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah,” ujar Letkol Maswedi.

Tampak hadir dalam meninjau kegiatan penyedotan underpass Kemayoran, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Dadang Somantri dan Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Koarmada I Kolonel Laut (KH) Muhammad Riduan, S.Ag., M.M., M.Tr (Hanla).(Pen)