WASPADAI COVID-19, LANTAMAL I WAJIBKAN PRAJURIT UKUR SUHU TUBUH DAN CUCI TANGAN SESERING MUNGKIN

Betawipost – Jakarta,Sebagai upaya deteksi dini penyebaran Covid-19 dimana saat ini pemerintah dibantu dengan stakeholder lainnya sedang berupaya untuk memerangi COVID-19, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M., memerintahkan pelaksanaan pengecekan suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer kepada seluruh Prajurit Lantamal I sebelum memasuki Mako Lantamal I Belawan, Sumatera Utara, Rabu (18/3/2020).

“Saat ini pemerintah telah menerbitkan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19. Protokol yang diterbitkan tersebut yaitu Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, Protokol Pengawasan Perbatasan, Protokol Area Pendidikan, dan Protokol Area Publik dan Transportasi. Protokol tersebut akan dilaksanakan diseluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan” ujar Danlantamal I.

Pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan oleh Personel Diskes Lantamal I dan RSAL Komang Makes dilaksanakan di penjagaan ketika seluruh personel memasuki Mako Lantamal I dilanjutkan di Dermaga Mako Lantamal I tempat bersandarnya KRI dan KAL Jajaran Satrol Lantamal I. Disana Tim melakukan hal yang sama, pengecekan suhu tubuh anggota KRI dan KAL. Selain itu, Lantamal I juga melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Al Abrar yang lokasinya berada di dalam Mako Lantamal I serta menyiapkan hand sanitizer di tempat-tempat tertentu seperti penjagaan, masjid, gedung yang biasa digunakan untuk rapat dan pertemuan, serta kantin.

“Bagi Anggota yang telah melakukan perjalanan dari luar kota segera memeriksakan diri ke Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi agar diri kita tidak tertular virus corona, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sesering mungkin. Apabila merasa kurang enak badan segeralah memeriksakan diri di Balai Pengobatan atau RSAL Komang Makes sebagai deteksi dini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.” perintah DanlantamaI kepada seluruh aggota Lantamal I.